KOLPOSKOPI : DETEKSI DINI KANKER RAHIM

Colposcopy adalah suatu alat semacam mikroskop binokular yang mempergunakan sinar kuat dengan pembesaran tingkat tinggi dan digunakan untuk melihat ke dalam saluran leher rahim memastikan keberadaan kanker serviks.

Kelebihan Colposcopy
Papsmear sebagai alat deteksi dini kanker serviks mempunyai kelemahan dengan tingginya angka negatif palsu antara 5-40%. Hal ini berarti sel kanker ada tapi tidak terlacak dalam pemeriksaan Papsmear. Hal ini disebabkan oleg kegagalan dalam pengambilan usapan yang baik, kegagalan skrining, dan juga kelemahan laboratorium. Pemeriksaan papsmear yang dipandu dengan pemeriksaan Colposcopy memberikan angka deteksi 98%.

Cara Kerja Colposcopy
Dokter akan memasukkan cairan ke dalam vagina yang membuat permukaan leher rahim yang mengandung sel-sel yang abnormal terwarnai. Kemudian dokter akan menggunakan Colposcopy untuk melihat ke dalam saluran leher rahim. Jika area yang abnormal sudah terlokalisasi, dokter akan mengambil sampel pada jaringan tersebut (melakukan biopsi) untuk kemudian di krim ke laboratorium guna pemeriksaan yang mendetail dan akurat.


INFORMASI LEBIH LANJUT :
Bagian Informasi RS. Panti Wilasa "Citarum"
(024) 3542224 pswt 104
Contact Person : Dwi Yuni (081 325 607 956)

Tidak ada komentar: