PELAYANAN RUMAH SAKIT PANTI WILASA "CITARUM"

35 tahun sudah Rumah Sakit Panti Wilasa "Citarum" melayani masyarakat umum dan sekitarnya. Semenjak berdiri pada 5 Mei 1973 sampai dengan tahun yang ke-35 pada tahun 2008 ini, banyak perkembangan yang telah terjadi. Rumah sakit yang pada saat terbentuknya hanyalah sebuah rumah sakit bersalin dengan kapasitas minimalis, seiring dengan waktu telah menjadi rumah sakit umum yang berkualitas dengan berbagai pelayanan yang diperlengkapi dengan peralatan medis yang serba modern menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sampai dengan hari ini pelayanan RS. Panti Wilasa "Citarum" mencakup pelayanan sebagai berikut :

PELAYANAN RAWAT JALAN, terdiri dari :

Klinik Umum : pelayanan dokter umum 24 jam sehari 7 hari seminggu.
Klinik Spesialis : tersedia lebih dari 70 dokter spesialis dengan berbagai disiplin spesialistik kesehatan yang siap melayani sesuai dengan jam praktek masing-masing. Dokter-dokter ini diperlengkapi dengan berbagai sarana penunjang diagnostik yang meningkatkan validitas pemeriksaan kesehatan.
Instalasi Gawat Darurat : pelayanan kegawatan yang siap melayani 24 jam sehari 7 hari seminggu
PELAYANAN RAWAT INAP, terdiri dari :



Bangsal Anggrek : Bangsal perawatan untuk kasus bedah, mata dan THT, terdiri dari kelas VIP sampai dengan kelas III.
Bangsal Bougenville : Bangsal perawatan untuk kasus kebidanan dan penyakit kandungan, terdiri dari kelas VIP sampai dengan kelas III.
Bangsal Cempaka : Bangsal perawatan untuk kasus penyakit dalam, psikiatri, kulit dan saraf, terdiri dari kelas VIP sampai dengan kelas III.
Bangsal Dahlia : Bangsal perawatan khusus untuk anak, terdiri dari kelas VIP sampai dengan kelas III.
Bangsal Eidelweis : Bangsal perawatan untuk pasien dengan perhatian khusus (High Care Unit), dengan standar ICU.
Intensive Care Unit : Bangsal perawatan untuk pasien yang harus dirawat dengan intensif karena kondisinya.
Perinatologi : Kamar perawatan untuk bayi sakit dan membutuhkan perawatan khusus.

PELAYANAN PENUNJANG MEDIS, terdiri dari :

Farmasi : pelayanan penyediaan obat yang terintegrasi dengan sistem komputerisasi. Terbagi dalam pelayanan farmasi rawat jalan dan farmasi rawat inap.

Radiologi : pelayanan diagnosa bagi pasien yang membutuhkan tindakan radiografi. Sarana yang tersedia pada penunjang medis ini antara lain : Multi Slices Computerized Tomography Scan, Magnetic Resonance Imaging, Panoramic Cephalometric, Computerized Radiography, dan Ultrasonography. Pelayanan ini tersedia 24 jam dengan perjanjian terlebih dahulu.

Laboratorium : pelayanan diagnosa yang membutuhkan tindakan laboratorium, dilayani dengan menggunakan alat modern yang bervaliditas tinggi. Pelayanan yang tersedia antara lain adalah pemeriksaan : Kimia Klinik, Hematologi, Urinalisa, Imunoserologi, Parasitologi, Transudat dan Eksudat, yang diperlengkapi dengan Laboratory Information System.

Hemodialisa : pelayanan cuci darah bagi pasien gagal ginjal baik yang menggunakan sistem Acetate maupun Bicarbonate, single use maupun reuse.

Kamar Operasi : tersedia 4 kamar operasi yang diperlengkapi dengan berbagai peralatan medis mutakhir untuk mendukung keberhasilan tindakan operatif.

Kamar Bersalin : tersedia 5 kamar tindakan persalinan yang steril dan diperlengkapi dengan peralatan tindakan persalinan.

Fisioterapi : pelayanan tindakan pemulihan fisik pasien melalui terapi, antara lain : Ultraterm, Ultrasound, Neodynator, Cervical Traction, Lumbal Traction, Suction, Infrared, Massage, General Exercise, Local Exercise, dan Pastural Drainage.

Homecare : pelayanan perkunjungan dan perawatan yang dilakukan di rumah pasien.


PELAYANAN PENUNJANG UMUM, terdiri dari :

Medical Check Up : pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dengan beberapa paket pilihan atau sesuai dengan permintaan pasien.
Ambulans : pelayanan pengiriman dan pengambilan pasien dari berbagai tempat didukung oleh 4 armada ambulans yang diperlengkapi dengan standar evakuasi pasien.
Patient's Safety : program yang menjamin keselamatan kerja karyawan, pengunjung serta pasien yang sedang di rawat di rumah sakit.
Klinik VCT : pelayanan konseling dan tes HIV bagi masyarakat yang beresiko terinfeksi HIV AIDS.
Unit Peningkatan Kesehatan Masyarakat : program pelayanan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Persemayaman Jenazah : pelayanan pemulasaran dan penempatan jenazah sebelum dikebumikan.
Pastoral : pelayanan holistik yang mengedepankan pemulihan spiritual pasien melalui perkunjungan pasien.
Pengolahan Limbah : pelayanan pengolahan limbah padat dan cair dari pasien sebelum dikirim keluar dari rumah sakit
Gizi : pelayanan pengolahan dan penyajian makanan sehat bagi pasien dengan memperhatikan diit pasien.
Kamar Cuci : pelayanan pembersihan dan penyediaan bahan kain bagi pasien.

Tidak ada komentar: